Rabu, 27 Juni 2012

14 Kampung Adat Sunda Ikut Festival Budaya di Bandung

Bandung: Sejumlah kesenian tradisional khas Sunda dari kampung adat yang ada di Jawa Barat dan Banten dipentaskan pada Festival Budaya Masyarakat Adat Tatar Sunda di Ekowisata dan Budaya Alam Santosa, Pasirimpun, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

"Kegiatan ini sebagai ajang kumpul bareng dan silaturahmi kampung adat, sambutan dari mereka luar biasa," kata Duta Sawala Baresan Olot Tatar Sunda (BOTS) Eka Santosa, Senin (28/5).

Kegiatan yang digelar di kawasan pegunungan utara Bandung Raya dihadiri 14 komunitas kampung adat Sunda. Sejumlah kesenian khas kampung adat yang ditampilkan adalah kesenian tradisional laes, jipeng, tutunggulan, gambyung, kidung puji alam, tari buyung, karinding, gondang, tembang Sunda, bangreng, dog-dog lojor, beluk, ronggeng gunung, dan tarawangsa.

Sementara itu, warga Pasirimpun sebagai tuan rumah juga akan unjuk gigi dengan kesenian yang berkembang di daerah itu yakni reog, kuda renggong, dan kendang pencak.

Selain penampilan kesenian, kegiatan lain yang akan digelar adalah diskusi, permainan tradisional, menggambar, mewarnai, dan pentas wayang golek.

"Peserta dan pengunjung terbuka untuk semua umur. Mereka bisa menikmati festival budaya ini yang juga sebagai upaya pewarisan budaya Sunda kepada generasi muda," kata Eka.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Budaya Masyarakat Adat Sunda Carnan M. mengatakan, pihaknya mengumpulkan 14 perwakilan kampung adat di Jabar dan Banten bukan hal yang mudah. Namun, dia mengapresiasi karena ternyata masing-masing komunitas sangat antusias dan mengirimkan dutanya ke festival itu.

"Setiap kampung adat punya keunikan dan karakter yang berbeda-beda. Namun, semangatnya sama, yakni untuk mempertahankan adat istiadat peninggalkan leluhurnya kepada generasi mereka sehingga tetap lestari," kata Carnan.

http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/05/28/92606/14-Kampung-Adat-Sunda-Ikut-Festival-Budaya-di-Bandung/11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar